Bab V
وَكَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ لَا يُعَظِّمُ الأَغْنِيَآءَ وَلَا يَقُوْمُ لِأَحَدٍ مِنَ الأُمَرَآءِ وَلَا أَرْكَانِ الدَّوْلَةِ، وَكَانَ كَثِيْرًا يَرَى الْخَلِيْفَةَ قَاصِدًا لَهُ وَهُوَ جَالِسٌ فَيَدْخُلُ خَلْوَةً، ثُمَّ يَخْرُجُ عَلَى الْخَلِيْفَةِ بَعْدَ وُصُوْلِهٖ إِعْزَازًا لِطَرِيْقِ الْفُقَرَآءِ وَلِئَلَّا يَقُوْمُ لِلْخَلِيْفَةِ، وَمَا وَقَفَ بِبَابِ وَزِيْرٍ وَلَا سُلْطَانٍ وَلَا قَبِلَ هَدِيَّةً مِنَ الْخَلِيْفَةِ قَطُّ، حَتّٰى عَتَبَهٗ عَلٰى عَدَمِ قَبُوْلِهٖ هَدِيَّتَهُ، فَقَالَ لَهُ الشَّيْخُ: أَرْسِلْ مَابَدَا لَكَ وَاحْضُرْ مَعَهُ، فَحَضَرَ الْخَلِيْفَةُ عِنْدَ الشَّيْخِ وَمَعَهُ شَيْءٌ مِنَ التُّفَّاحِ، وَإِذًا كُلُّ تُفَّاحَةٍ مَحْشُوٌّ دَمًا وَقَيْحًـــا، فَقَالَ لِلْخَلِيْفَةِ : كَيْفَ تَلُوْمُنَا عَلَى عَدَمِ أَكْلِنَا مِنْ هٰذَا وَكُلُّهٗ مَحْشُوٌّ بِدِمَآءِ النَّاسِ، فَاسْتَغْفَرَالْخَلِيْفَةُ وَتَابَ عَلٰى يَدَيْهِ، وَكَانَ يَأتِيْ فَيَقِفُ بَيْنَ يَدَيِ الشَّيْخِ كَآحَادِ النَّاسِ وَصَحِبَهٗ إِلَى أَنْ مَاتَ.
Wa kâna radliyallâhu ‘anhu ‘anhu lâ yu’adhdhamul aghniyâ`a wa lâ yaqûmu liaḫadin minal umarâ`i wa lâ arkânid daulati, wa kâna katsîran yarâl khalîfata qâshidan lahu wa huwa jâlisun fayadkhulu khalwatan, tsumma yakhruju ‘alal khalîfati ba’da wushûlihi i’zâzan litharîqil fuqâra`i, wa liallâ yaqûmu lil khalîfati, wa mâ waqafa bibâbi wazîrin wa lâ sulthânin wa lâ qabila hadiyyatan minl khalîfati qaththu, ḫatta ‘atabahu ‘ala ‘adami qabûlihi hadiyyatahu, fa qâla lahusy syaikhu: arsil mâ badâlaka waḫdlur ma’ahu faḫâdlaral khalîfatu ‘indasy syaikhi wa ma’ahu syai`un minat tufâḫi, wa idzan kullu tuffâḫatin maḫsyuwwu bidimâ`in nâsi, fastaghfaral khalîfatu wa tâba ‘ala yadaihi, wa kâna ya`tî faqaqifu baina yadayisy syaikhi ka âḫadin nâsi wa shâḫibahu ila an mâta.
Syekh Abdul Qadir ra tidak mau mengagung-agungkan orang kaya walau sekadar berdiri karena kedatangan seorang raja atau orang-orang yang dianggap berkedudukan. Dan seringkali saat raja bermaksud untuk berkunjung kepada Syekh dan beliau sedang duduk-duduk, kemudian beliau tinggalkan masuk ke kamar pribadinya. Kemudian beliau keluar lagi menemui setelah raja tadi duduk. Hal ini dilakukan semata demi memuliakan para ahli tasawuf yang tidak tertarik kepada kedudukandan dunia dan tidak pernah berdiri hormat sekedar menyambut kedatangan raja. Selain itu, Tuan Syekh juga tidak pernah mau berdiri di depan pintu raja dan menteri, atau menerima hadiah dari penguasa, sampai-sampai ada raja yang merendahkannya karena gara-gara Tuan Syekh tidak mau menerima pemberian. Kala itu, Tuan Syekh Abdul Qadir berkata pada raja, “Kalau begitu silahkan bawa sendiri hadiah itu ke sini.” Raja pun menyanggupinya lalu membawa buah apelny sendiri untuk Tuan Syekh . Namun, saat akan dikonsumsi, tiba-tiba buah apel hadiah sang raja penuh darah dan nanah. Syekh Abdul Qadir kembali berkata kepada raja, “Mengapa raja selalu mencemooh dan mencelaku? Padahal aku tidak mau buah apel, sebab semua buah itu penuh dengan darah dan nanah manusia.” Kemudian, sang raja meminta maaf dan bertaubat di hadapan Tuan Syekh . Sejak itu, raja sering berkunjung kepada Tuan Syekh sebagaimana kebanyakan orang. Ia pun menjadi sahabat Tuan Syekh hingga wafatnya.
وَكَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَعَ جَلَالَةِ قَدْرِهٖ وَبُعْدِ صِيْتِهٖ وَعُلُوِّ ذِكْرِهٖ يُعَظِّمُ الْفُقَرَآءَ وَيُجَالِسُهُمْ وَيَفْلِيْ لَهُمْ ثِيَابَهُمْ، وَكَانَ يَقُوْلُ: اَلْفَقِيْرُ الصَّابِرُ أَفْضَلُ مِنَ الْغَنِيِّ الشَّاكِرِ، وَالْفَقِيْرُ الشَّاكِرُ أَفْضَلُ مِنْهُمَا، وَالْفَقِيْرُ الصَّابِرُ الشَّاكِرُ أَفْضَلُ مِنَ الْكُلِّ، وَمَآ أَحَبَّ الْبَلَآءَ وَالتَّلَذُّذَ بِهٖ إِلَّا مَنْ عَرَفَ الْمُبْــــلِيْ،
Wa kâna radliyallâhu ‘anhu ma’a jalâlati qadrihi wa bu’di shîtihi wa ‘uluwwi dzikrihi yu’adhdhamul fuqarâ`i, wa yujâlisuhum wa yuflî lahum tsiyâbahum wa kâna yaqûlu: alfaqîrush shâbiru afdlalun minl ghaniyyisy syâkiru, wal faqîrusy syâkiru afdlalun minhumâ, wal faqîrush shâbirusy syâkiru afdlalun minal kulli, wa mâ aḫabbal balâ`a wat taladzdzudza bihi illâ man ‘arafal mubliya.
Syekh Abdul Qadir ra mempunyai derajad tinggi. Namanya harum ke mana-mana. Terkenal mau menghormati fakir miskin, menemani duduk mereka, membersihkan sendiri kutu-kutu yang ada di pakaia mereka. Beliau juga penah mengatakan, “Seorang fakir yang mau bersabar lebih utama dari orang kaya yang bersyukur. Namun orang fakir yang bersyukur lebih utama dari keduanya, kemudian orang fakir yang mau bersabar dan bersyukur, lebih utama dari semuanya. Selain itu, tidaklah senang dan merasa nikmat menerima petaka, kecuali orang yang tahu kepada Dzat yang menurunkan petaka tersebut, yaitu Allah.
وَكَانَ يَقُوْلُ: اِتَّبِعُوْا وَلَا تَبْتَدِعُوْا، وَأَطِيْعُوْا وَلَا تَمْرُقُوْا، وَاصْبِرُوْا وَلَا تَجْزَعُوْا وَانْتَذِرُ الْفَرَجَ وَلَا تَيْأَسُوْا وَاجْتَمِعُوْا عَلٰى ذِكْرِ اللهِ تَعَالٰى وَلَا تَتَفَرَّقُوْا، وَتَطَهَّرُوْا بِالتَّوْبَةِ عَنِ الذُّنُوْبِ وَلَا تَتَلَطَّخُوْا، وَعَنْ بَابِ مَوْلَاكُمْ لَاتَبْرَحُوْا،
Wa kâna yaqûlu: ittabi’û wa lâ tabtadi’û, wa athî’û wa lâ tamruqû, washbirû wa lâ tajza’û, wantadzirul Faraja wa lâ tai`asû, wajtami’û ‘ala dzikrillâhi ta’âla wa lâ tatafarraqû, wa tathahharû bit taubati ‘anidz dzunûbi wa lâ tatalaththakhû, wa ‘an bâbi maulâkum lâ tabraḫû.
Syekh Abdul Qadir juga berkata, “Ikutilah sunnah Rasulullah dan jangan berbuat bid’ah. Berbaktilah kepada Allah dan rasul-Nya. Jangan sampai keluar dari Islam. Bersabarlah dan jangan menggerutu. Berharaplah untuk mendapatkan kesejahteraan dan jangan pernah putus asa! Berkumpullah dengan majelis dzikir kepada Allah ta’ala dan jangan bercerai-berai! Bersihkan dirimu dengan bertaubat dari segala dosa dan jangan melumurinya dengan noda. Teruslah menghadap pintu Allah untuk memohon ampunan.
وَكَانَ يَقُوْلُ: لَاتَخْــــتَرْ جَلْبَ النَّعْمَآءِ وَلَا دَفْعَ الْبَلْوٰى، فَإِنَّ النَّعْمَآءَ وَاصِلَةٌ إِلَيْكَ بِالْقِسْمَةِ اسْتَجْلَبْتَهَآ أَمْ لَا، وَالْبَلْوٰى حَآلَّةٌ بِكَ وَإِنْ كَرِهْتَهَا فَسَلِّمْ لِلّٰهِ فِي الْكُلِّ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ، فَإِنْ جَآءَتْكَ النَّعْمَآءُ فَاشْتَغِلْ بِالذِّكْرِ وَالشُّكْرِ، وَإِنْ جَآءَتْكَ الْبَلْوٰى فَاشْتَغِلْ بِالصَّبْرِ وَالْمُوَافَقَةِ، وَإِنْ كُنْتَ أَعْلٰى مِنْ ذٰلِكَ فَالرِّضَا وَالتَّلَذُّذَ، وَاعْلَمُوْآ أَنَّ الْبَلِيَّةَ لَمْ تَأْتِ الْمُؤْمِنَ لِتُهْلِكَهٗ، وَإِنَّمَآ أَتَتْهُ لِتَخْتَبِرَهٗ،
Wa kâna yaqûlu: lâ takhtar jalban na’mâ`i wa lâ daf’al balwa, fainnan na’mâ`i wâshilatun ilaika bilqismatis tajlabtahâ am lâ, wal balwâ ḫâllatun bika wa in karihtahâ, fasallim lillâhi fîl kulli yaf’alu mâ yasyâ`u, fain jâ`atkan nia’mâ`u fasytaghil bidzdzikri wasy syukri, wa in jâ`atkal balwâ fasytaghil bishshabri wal muwâfaqati, wa in kunta a’lâ min dzâlika farridlâ wa taladzdzudzu wa’lamû annal baliyyata lam ta`til mu`mina lituhlikahu, wa innamâ atathu litakhtabirahu.
Syekh Abdul Qadir juga berkata: Janganlah engkau menginginkan kenikmatan dan menolak ujian. Sebab kenikmatan menghubungkanmu dengan pembagian Allah, baik diharapkan maupun tidak. Demikian pula cobaan, meski engkau tak menyukainya, pasti datang menimpamu. Maka serahkanlah segala urusan kepada Allah, Dzat Yang Maha Berbuat apa pun yang dikehendaki-Nya. Tatkala kenikmatan datang menghampirimu, sibukkanlah diri dengan mengingat Allah dan bersyukur. Sementara bila cobaan yang datang, sibukkanlah diri dengan kesabaran dan kesadaran. Kemudian, jika engkau ingin mendapat tempat yang lebih tinggi lagi dari semula, maka kau harus rida dan berusaha menikmati ujian. Ketahuilah bahwa ujian turun bukan untuk membinasakan orang mukmin, tetapi untuk mengujinya.
وَكَانَ يَقُوْلُ: لَايَصْلُحُ لِمُجَالَسَةِ الْحَقِّ تَعَالٰى إِلَّا الْمُطَهَّرُوْنَ مِنْ رِجْسِ الزَّلَّاتِ، وَلَا يُفْتَحُ إِلَّا لِمَنْ خَلَا عَنِ الدَّعَاوِيْ وَالْهَوَسَاتِ، وَلَمَّا كَانَ الْغَالِبُ عَلَى النَّاسِ عَدَمَ التَّطَهُّرِ ابْتَلَا هُمُ اللهُ تَعَالٰى بِالأَمْرَاضِ كَفَّارَةً وَطَهُوْرًا، لِيَصْلُحُوْا لِمُجَالَسَتِهٖ وَقُرْبِهٖ شَعَرُوْا بِذٰلِكَ أَوَلَمْ يَشْعُرُوْا،
Wa kâna yaqûlu: lâ yashluḫu limujâlasatil ḫaqqi ta’âla illâl muthahharûna min rijsiz zullâti wa lâ yuftaḫu illâ liman khalâ ‘anid da’âqî wal hawasâti, wa lammâ kânal ghâlibu ‘alan nâsi ‘adamat tathahhurib talâhumullâhu ta’âla bil amrâdli kaffâratan wa thahûran, liyashluḫû limujâlasatihi wa qurbihi sya’arû bidzalika awalam yasy’urû.
Syekh Abdul Qadir juga mengatakan: Tidak boleh terjadi bergaul dengan Dzat yang Hak kecuali orang-orang berusaha membersihkan diri dari segala noda dan dosa. Dan tidak akan dibuka kecuali bagi orang-orang yang mengosongkan dari macam-macam pengakuan diri dan dan perbuatan meresahkan. Ketika kebanyakan yang terjadi pada manusia adalah tidak mau membersihkan diri, maka Allah akan menguji mereka dengan berbagai penyakit sebagai kafarat dan pembersih dosa-dosa. Selain itu agar mereka layak bergaul dengan dan mendekat kepada Allah. Hal itu terjadi, baik mereka sadari maupun tidak.
وَكَانَ يَقُوْلُ: إِيَّاكُمْ أَنْ تُحِبُّوْآ أَحَدًا أَوْ تَكْرَهُوْهُ إِلَّا بَعْدَ عَرْضِ أَفْعَالِهٖ عَلَى الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ، كَيْ لَا تُحِبُّوْهُ بِالْهَوٰى وَتَبْغَضُوْهُ بِالْهَوٰى.
Wa kâna yaqûlu: iyyâkum an tuḫibbû aḫadan au takrahûhu illâ ba’da ‘urdli af’âlihi ‘alal kitâbi was sunnati kailâ tuḫibbûhu bilhawâ wa tabghadlûhu bil hawâ.
Tutur Syekh Abdul Qadir lagi: Berhati-hatilah kalian! Jangan sampai mencintai atau membenci seseorang, kecuali setelah menimbang perbuatan-perbuatannya dengan ketentuan Al-Qur’an dan Sunnah. Tujuannya agar kalian tidak menyukai atau membencinya karena hawa nafsu.
اللّٰهُمَّ انْشُرْ نَفَحَاتِ الرِّضْوَانِ عَلَيْهِ وَأَمِدَّنَا بِالأَسْرَارِ الَّتِي أَوْدَعْتَهَا لَدَيْهِ
Allâhummansyur nafaḫâtir ridlwâni ‘alaihi wa amiddanâ bil asrârillatî auda’tahâ ladaihi
Ya Allah, limpahkanlah semerbak ridha-Mu kepadanya dan anugerahkanlah kepada kami rahasia-rahasia yang telah Engkau titipkan kepadanya.