[email protected] +62 281 572446

Kecamatan Ajibarang

.
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Banyumas
    • Visi Misi
    • Tupoksi
      • Kecamatan
      • Sekretariat
        • Subbag Umpeg
        • Subbag PK
      • Seksi Pemdes
      • Seksi Pelayanan
      • Seksi Permas
      • Seksi Ekbang
      • Seksi Trantibum
    • Demografi
    • Peta Wilayah
  • Portfolio
  • Team
  • Blog
  • Islami
    • Al Qur'an
    • Wirid
    • Doa
    • Maulid
    • Tahlil
    • Website
      • Perpustakaan Islam
        • Perpustakaan Islam Digital
        • Shamelaa
      • Perpustakaan Umum
        • Perpustakaan Nasional
        • e-Resources
        • PDF Drive
        • Unida Library
      • Kecamatan Ajibarang
      • SIBI Kemdikbud
  • Kontak

Bab III

وَرَافَقَهُ الْخَضِرُ عَلٰى نَبِيِّنَا وَعَلَيْهِ أَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ أَوَّلَ دُخُوْلِهِ الْعِرَاقَ، وَلَمْ يَكُنِ الشَّيْخُ يَعْرِفُهُ وَشَرَطَ عَلَيْهِ الْخَضِرُ أَنْ لَا يُخَالِفَهُ وَالْمُخَالَفَةُ سَبَبُ الْفِرَاقِ، فَقَالَ لَهُ الخَضِرُ: أُقْعُدْ هَاهُنَا! فَقَعَدَ فِي الْمَكَانِ الَّذِي أَشَارَ بِالْقُعُوْدِ فِيْهِ ثَلَاثَ سِنِيْنَ يَأتِيْهِ فِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً، وَيَقُوْلُ لَهُ: لَا تَبْرَحْ عَنْ مَكَانِكَ حَتّٰى أٰتِيَكَ، وَنَامَ مَرَّةً

Wa rafaqal khadliru `ala nabiyyinâ wa `alaihi afdlalush shalâti wassalâmi awwala dukhûlihil `irâqa, wa lam yakunisy Syaikhu ya`rifuhu, wa syaratha `alaihil khadiru allâ yukhâlifahu wal mukhâlafatu sababul firâqi, faqâla lahul khadliru: uq`ad hâhunâ! faqa`ada fîl makânil ladzî asyâra bilqu`udi fîhi tsalatsa sinîn(a), ya’tîhi fî kulli sanatin marratan wa yaqûlu lahu lâ tabraḫ `an makânika ḫatta atiyaka wa nâma marratan.

Syekh Abdul Qadir Al-Jilani ra pertama kali masuk Irak ditemani Nabi Khadir a.s. Saat itu, Syekh belum mengenalinya hingga Sang Nabi memberikan sejumlah persyaratan kepada Syekh , di antaranya jangan sekali-kali menentang. Sebab, menentang akan menyebabkan perpisahan di antara keduanya. Kala itu, Nabi Khadir berpesan, “Duduklah engkau di tempat ini.” Maka duduklah Syekh Abdul Qadir di tempat yang disyaratkan hingga tiga tahun lamanya dimana setiap tahun sekali Sang Nabi datang menemui. Kemudian Sang Nabi kembali berpesan, “Jangan sekali-kali meningalkan tempat ini sampai aku datang lagi.”

فِي إِيْوَانِ كِسْرٰى مِنَ الْمَدَآئِنِ فِي لَيْلَةٍ بَارِدَةٍ فَاحْتَلَمَ وَذَهَبَ إِلَى الشَّطِّ وَاْغْتَسَلَ، ثُمَّ نَامَ فَاحْتَلَمَ وَذَهَبَ إِلَى الشَّطِّ وَاغْتَسَلَ، وَوَقَعَ لَهٗ ذٰلِكَ فِي تِلْكَ اللَّيْلَةِ أَرْبَعِيْنَ مَرَّةً، ثُمَّ صَعِدَ عَلٰى جِدَارِ الإِيْوَانِ خَوْفًا مِنَ النَّوْمِ مُحَافَظَةً عَلَى الطَّهَارَةِ، وَكَانَ كُلَّمَآ أَحْدَثَ تَوَضَّأَ ثُمَّ صَلّٰى رَكْعَتَيْنِ وَلَا يَجْلِسُ عَلَى حَدَثٍ قَطُّ،

Fî îwâni kisrâ minal madâ’ini fî lailatin bâridatin, faḫtalama wa dzahaba ilasy syaththi Waghtasala, faḫtalama wa dzahaba ilasy syaththi Waghtasala, wa waqa`a lahu dzâlika fî tilkal lailati arba`îna marratan, tsumma sha`ida ‘ala jidâril îwâni khaufan minan naumi mukhâfadhatan ‘alath thahârati, wa kâna kullama aḫdatsa tawadldla`a tsumma shalla rak’ataini wa lâ yajlisu ‘ala hadatsin qaththu

Saat menunaikan riyadlah di emperan istana Raja Madani di malam yang sangat dingin, Syekh Abdul Qadir tertidur. Tiba-tiba ia bermimpi mengeluarkan mani. Seketika itu pula Tuan Syekh terbangun lalu pergi ke sungai untuk mandi besar. Kemudian ia tidur lagi, namun kembali bermimpi yang sama. Ia bangun lagi dan kembali pergi mandi. Kejadian itu terjadi hingga 40 kali dalam semalaman itu juga. Akhirnya Syekh Abdul Qadir naik ke atas pagar tembok emperan. Tujuannya agar tak tertidur lagi demi menjaga langgengnya kesucian dari hadats. Memang kebiasaan Syekh Abdul Qadir, bila berhadats ia terus berwudhu dan shalat sunnah dua rakaat sehingga dirinya selalu suci dan tidak lama menanggung hadats.

وَلَمْ يَزَلِ الإِجْتِهَادُ دَأْبَهُ حَتّٰى طَرَقَهٗ مِنَ اللهِ الْحَالِ، وَأٰنَ أَوَانُ الْوِصَالِ، وَبَدَتْ لَهٗ أَنْوَارُ الْجَمَالِ، فَخَرَجَ عَلَى وَجْهِهِ الْوَجِيْهِ،لَايَعِي غَيْرَ مَا هُوَ فِيْهِ، وَيَتَظَاهَرُ بِالتَّخَارُسِ وَالْجُنُوْنِ حَتّٰى حُمِلَ إِلَى الْمَارَسْتَانِ مَرَّاتٍ إِلٰى أَنِ اشْتَهَرَ أَمْرُهٗ، وَفَاقَ أَهْلَ عَصْرِهٖ عِلْمًا وَعَمَلاً وَزُهْداً وَمَعْرِفَةً وَرِيَاسَةً وَقَبُوْلاً، وَطَارَ صِيْتُهُ وَسَارَ ذِكْرُهُ مَسِيْرَ الشَّمْسِ.

Wa lam yazalil ijtihâdu da`bahu ḫatta tharaqahu minallâhil ḫâli wa anâ awânul wishâli, wa badat lahu anwârul jamâli, fakharaja ‘ala wajhihil wajîhi, lâ ya’î ghaira mâ huwa fîhi, wa yatadhâharu bittakhârasi wal junûni ḫatta ḫumila ilal mârastâni marrâtin ilâ anisy tahara amrihi wa fâqa ahla ‘ushrihi ‘ilman wa ‘amalan wa zuhdan wa ma’rifatan wa riyâsatan wa qabûlan, wa thâra shîtuhu wa sâra dzikruhu masîrasy syamsi.

Tak henti-hentinya kesungguhan Syekh Abdul Qadir dalam menjaga wudhu sampai kebiasaannya itu berhasil membawanya wusul kepada Allah dan tampak pancaran cahaya keindahan pada dirinya. Tampak pula sifat keluhuran di wajahnya. Dan tidak ada yang disadarinya selain apa yang ada pada dirinya. Pernah suatu ketika, Tuan Syekh berpura-pura bisu dan tunagrahita sampai berkali-kali diobati ke kota Marastan. Namun hal itu malah membuat kewalian Syekh kian tersohor melampaui keluhuran para ulama di zamannya. Keilmuan, amalan, kezuhudan, kemakrifatan, ketokohan, dan fatwa-fatwanya kian diterima khalayak banyak. Tak heran jika nama baiknya pun terus tersiar di ke seantero negari bagaikan peredaran matahari.

وَحُكِيَ أَنَّهُ اجْتَمَعَ لَهُ مِائَةُ فَقِيْهٍ مِنْ عُلَمَآءِ بَغْدَادَ وَجَمَعَ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمْ عِدَّةَ مَسَآئِلَ وَجَآؤُ إِلَيْهِ لِيَمْتَحِنُوْهُ، فَلَمَّا اسْتَقَرُّوْآ أَطْرَقَ الشَّيْخُ فَظَهَرَتْ مِنْ صَدْرِهٖ بَارِقَةٌ مِنْ نُوْرٍ فَمَرَّتْ عَلَى صُدُوْرِ مِائَةِ فَقِيْهٍ فَمَحَتْ مَا فِي قُلُوْبِهِمْ وَبُهِتُوْا وَاضْطَرَبُوْا وَصَاحُوْا صَيْحَةً وًاحِدَةً وَمَزَّقُوْا ثِيَابَهُمْ وَكَشَفُوْا رُؤُسَهُمْ، ثُمَّ صَعِدَ الشَّيْخُ عَلَى الْكُرْسِيِّ وَأَجَابَ عَنْ جَمِيْعِ مَسَائِلِهِمْ فَاعْتَرَفُوْا بِفَضْلِهِ وَخَضَعُوْا لَهُ مِنْ ذٰلِكَ الْوَقْتِ،

wa ḫukiya annahuj tama’a lahu mi`atu faqîhin min ulamâ`I Baghdâda, wa jama’a kullu wâḫidin minhum ‘iddata masa`ila wajâ`û ilaihi liyamtaḫinûhu, fa lammâs taqarrû athraqasy syaikhu fadhaharat min shadrihi bâriqatun min nûrin, famarrat ‘ala shudûri mi`ati faqîhin famaḫat mâ fîqulûbihimwa buhitû wadltharabû wa shâhû shaiḫatan wâḫidatan wa mazzaqû tsiyâbahum wa kasyafû ru`usahum, tsumma sha’idasy syaikhu ‘alal kursiyyi wa ajâba ‘an jamî’I masa`ilihim, fa’tarafû bifadlilihi wa khadâ’u wa lahu min dzâlikal waqti.

Dikisahkan, pernah pada suatu ketika seratus ulama ahli fiqih Baghdad berkumpul di hadapan Syekh Abdul Qadir. Masing masing mengumpulkan sejumlah masalah dan membawanya kepada Syekh Abdul Qadir guna menguji kemampuannya. Setelah para ulama itu duduk dalam majelis, Syekh pun menundukkan kepala. Tiba-tiba keluarlah cahaya terang dari dadanya menembus dada para ulama. Seketika itu pula hilanglah apa yang ada dalam hati mereka. Masalah-masalah yang sudah dipersiapkan pun hilang. Para ulama yang hadir pun bingung dan gemetar. Mereka berteriak sekeras-kerasnya. Bahkan tanpa sadar, mereka menyobek-nyobek pakaian dan membuka tutup kepala mereka. Tak lama Syekh Abdul Qadir naik ke atas kursinya seraya memberikan jawaban yang sudah tersimpan dalam hati masing-masing ulama yang hadir. Setelah menguraikan semua jawaban masalah, para ulama di majelis itu pun mengakui keunggulan Syakh Abdul Qadir. Dan sejak itu pula mereka tunduk kepadanya.

وَكَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقْرَأُ فِي ثَلَاثَةَ عَشَرَ عِلْمًــــا: التَّفْسِيْرَ وَالْحَدِيْثَ وَالْخِلَافَ وَالأُصُوْلَ وَالنَّحْوَى وَالْقِرَاءَةَ وَغَيْرَ ذٰلِكَ.

Wa kâna radliyallâhu ‘anhu yaqra`u fî tsalâtsati ‘asyara ‘ilman: attafsîra wal ḫadîtsa wal khilâfa wal ushûla wan naḫwa wal qirâ`at awa ghaira dzâlika.

Syekh Abdul Qadir ra pernah mengajar tiga belas disiplin ilmu, antara lain: tafsir, hadits, perbandingan mazhab, ilmu ushul, nahwu, qira’at, dan sebagainya.

وَكَانَ يُفْتِي عَلَى مَذْهَبِ الإِمَامِ الشَّافِعِيِّ وَالإِمَامِ أَحْمَدَ ابْنِ حَنْبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا

Wa kâna yuftî ‘ala madzhabil Imâmisy Syâfi’iyyi wal Imâmi Aḫmada bni ḫanbalin radliyallâhu ‘anhumâ.

Syekh juga biasa memberi fatwa sesuai madzhab Imam Syafi’i dan imam Hambali. Semoga Allah meridhai keduanya.

وَكَانَ عُلَمَــــآءُ الْعِرَاقِ يَتَعَجَّبُوْنَ مِنْ فَتْوَاهُ، وَيَقُوْلُوْنَ: سُبْحَانَ مَنْ أَعْطَاهُ، وَرُفِعَ إِلَيْهِ مَرَّةً سُؤَالٌ عَجَزَ الْعُلَمَآءُ عَنْ جَوَابِهِ، صُوْرَتُهٗ رَجُلٌ حَلَفَ بِالطَّلَاقِ الثَّلَاثِ أَنَّهٗ لَا بُدَّ أَنْ يَعْبُدَ اللهَ تَعَالٰى عِبَادَةً يَنْفَرِدُ بِهَا دُوْنَ الْخَلَآئِقِ أَجْمَعِيْنَ فِي ذٰلِكَ الْوَقْتِ، فَمَا خِلَاصُهُ؟ فَقَالَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَلَى الْفَوْرِ: خِلَاصُهٗ أَنْ يَأْتِيَ مَكَّةَ الْمُكَرَّمَةَ وَيُخَلِّيَ الْمَطَافَ لَهُ فَيَطُوْفَ أُسْبُوْعًا وَاحِدَةً وَتَنْحَلُّ يَمِيْنُهُ، فَلِلّٰهِ دَرُّهٗ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ.

Wa kâna ‘ulamâ`ul ‘Irâqi yata’ajjabûna min fatwâhu wa yaqûlûna subḫâna man a’thâ`hu, wa rufi’a ilaihi marratan su`âlun ‘ajazal ‘ulamâ`u ‘an jawâbihi, shûratuhu rajulun ḫalafa biththalâqits tsalâtsi annahu lâ budda an ya’budallâhu ta’âla, ‘ibâdatun yanfaridu bihâ bihâ dûnal khalâ`iqi ajmâ’îna fî dzâlikal waqti, famâ khilâshuhu? faqâla radliyallâhu ‘anhu ‘alal fûri, khilâshuhu an ya`tiya Makkatal mukarramata, wa yukhalliyal mathâfa lahu fayathûfu usbû’an wâḫidatan wa tanḫallu yamînuhu, falillâhi darruhu radliyallâhu ‘anhu.

Para ulama Iraq pun terkagum-kagum terhadap fatwa Tuan Syekh Abdul Qadir, sehingga terlontar ucapan mereka, “Mahasuci Allah yang telah memberikan padanya ilmu yang begitu luas.” Suatu ketika, Syekh Abdul Qadir pernah disodori masalah yang tak terpecahkan para ulama Baghdad. Masalahnya adalah: Ada seseorang yang bersumpah untuk menalak tiga istrinya, sementara orang tadi harus beribadah kepada Allah dengan ibadah yang tidak sedang dikerjakan orang lain pada waktu itu. Bagaimana orang itu bisa selamat dari sumpahnya dan ibadah apa yang harus ia kerjakan? Syekh Abdul Qadir ra menjawab seketika: Agar orang tadi selamat dari sumpahnya, maka ia harus pergi ke Makkah Al-Mukarramah, menunggu sepi orang yang ber-thawaf. Ketika sudah sepi, hendaknya ia ber-thawaf tujuh kali. Maka kepada Allah-lah, Syekh Abdul Qadir ra mengembalikan segala urusan. Dengan demikian telah bebaslah orang itu dari sumpahnya dan tidak mempunyai tanggungan apa-apa.

اَللّٰهُمَّ انْشُرْ نَفَحَاتِ الرِّضْوَانِ عَلَيْهِ وَأَمِدَّنَا بِالأَسْرَارِ الَّتِي أَوْدَعْتَهَا لَدَيْهِ

Allâhummansyur nafaḫâtir ridlwâni ‘alaihi wa amiddanâ bil asrârillatî auda’tahâ ladaihi

Ya Allah, limpahkanlah semerbak ridha-Mu kepadanya dan anugerahkanlah kepada kami rahasia-rahasia yang telah Engkau titipkan kepadanya.

Manfaat Hizib Autad
Keutamaan Manaqib
  1. under maintenance

Catatan: Manfaat akan lebih terasa jika diamalkan dengan ikhlas, istiqomah, dan memahami maknanya.

Manaqib

  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Bab I
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Bab II
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Bab III
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Bab IV
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Bab V
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Bab VI
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani Bab VII
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani - Doa
  • Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani - Ibadallah
Info Terkini

Jadwal Mujahadah Mingguan

Kecamatan Ajibarang

Kecamatan Ajibarang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas yang menjadi simpul strategis wilayah barat, dengan potensi ekonomi, budaya, dan pelayanan publik yang terus berkembang.

Useful Links

  • Beranda
  • Kabupaten Banyumas
  • Pemprov Jateng
  • Kemendagri
  • Setneg RI

Our Services

  • Gratis Kabeh
  • Mall Pelayanan Publik
  • RSUD Ajibarang
  • Polresta Banyumas
  • Kejaksaan Negeri Purwokerto

Hubungi kami

Jalan Raya Ajibarang No. 2 Kecamatan Ajibarang

Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah

Indonesia

Phone: +62 281 572446

Email: [email protected]

© Copyright Impact All Rights Reserved

Designed by BootstrapMade

klapetruk