Bab VIII: Perjuangan Nabi ﷺ
الفصل الثامن: في جهاد النبي ﷺ
Al-Faṣl al-Thāmin: Fī Jihādi al-Nabī ﷺ
Bab Kedelapan: Tentang Perjuangan Nabi ﷺ
رَاعَتْ قُلُوْبَ الْعِدَا أَنْبَاءُ بَعْثَتِهِ ۞ كَنَبْأَةٍ أَجْفَلَتْ غُفْلًا مِّنَ الْغَنَمِ
Râ‘at qulûbal-‘idâ anbâ'u ba‘tsatihi ۞ kanab'atin ajfalat ghuflan minal-ghanami
Berita kenabian jadiakan hati musuh gentar ketakutan. Bak lolongan srigala takutkan kambing nan lupa
مَا زَالَ يَلْقَـــاهُمُ فِيْ كُلِّ مُعْـــــتَرَكٍ ۞ حَتّٰى حَكَوْا بِالْقَنَا لَحْمًا عَلَى وَضَمِ
Mâ zâla yalqâhumu fî kulli mu’tarikin ۞ ḫattâ ḫakau bilqanâ laḫman ‘alâ wadhami
Nabi tiada henti musuh dilawan dalam setiap medan pertempuran. Hingga daging mereka bertumpukan laksana daging di tempat pemotongan
وَدُّوا الْفَرَارَ فَكَادُوْا يَغْبِطُوْنَ بِــهِ ۞ أَشْلَآءَ شَالَتْ مَعَ الْعِقْبَانِ وَالرَّخَمِ
Waddul-farâra fakâdû yaghbithûna bihi ۞ asylâ'a syâlat ma‘al-‘iqbâni war-rakhami
Mereka ingin lari hampir saja mereka berharap diri. Anggota badan nan hancur menjauhi, terbang bersama burung rakhmah dan rajawali
تَمْضِيْ اللَّيَالِيْ وَلَا يَدْرُوْنَ عِدَّتَهَا ۞ مَا لَمْ تَكُنْ مِّنْ لَيَالِي الْأَشْهُرِ الْحُرُمِ
Tamdlil-layâlî wa lâ yadrûna ‘iddatahâ ۞ mâ lam takun min layâlil-asyhhuril-ḫurumi
Siang malam berlalu hitungannya mereka tak tahu. Selagi siang malam tak berada dalam bulan-bulan nan mulia
كَأَنَّمَا الدِّيْنُ ضَيْفٌ حَلَّ سَاحَتَهُمْ ۞ بِكُلِّ قَرْمٍ إِلَى لَحْمِ الْعِدَا قَرِمِ
Ka annamâd-dînu dlaifun ḫalla sâḫatahum ۞ bikulli qarnin ilâ laḫmil-‘idâ qarimi
Islam datang bagai tamu undangan, singgah di halaman sahabat Nabi. Bersama orang-orang jantan yang sangat ingin membunuh musuh Islami
يَجُرُّ بَحْـــــرَ خَمِيْسٍ فَوْقَ سَـــــابِحَةٍ ۞ يَرْمِيْ بِمَوْجٍ مِنَ الْأَبْطَالِ مُلْتَطِمِ
Yajurru baḫra khamîsin fauqa sâbiḫatin ۞ yarmî bimaujin minal-abthâli multathimi
Ia membawa lautan pasukan diatas kuda yang berenang jaya. Membawa para pemberani lagi jantan bagai debur ombak samudera
مِنْ كُلِّ مُنْتَدِبٍ لِلّٰهِ مُحْتَسِبٍ ۞ يَسْطُوْا بِمُسْتَأْصِلٍ لِلكُفْرِ مُصْطَلِمِ
Min kulli muntadibin lillâhi muḫtasibin ۞ yasthû bimusta'shilin lil-kufri mushthalimi
Setiap orang yang penuhi panggilan Allah dan mengharap pahala di sisi allah. Menyerang akar kekufuran dengan pedang pembasmi memusnahkan
حَتّٰى غَدَتْ مِلَّةُ الْإِسْلَامِ وَهِيَ بِهِمْ ۞ مِنْ بَعْدِ غُرْبَتِهَا مَوْصُوْلَةَ الرَّحِمِ
Ḫattâ ghadat millatul-islâmi wahiya bihim ۞ min ba‘di ghurbatihâ maushûlatar-raḫimi
Berkat kegigihan para ksatria hingga jadilah Islam agama. Setelah terasing jauh dari pemeluknya terjalin erat hubungan keluarga
مَكْفُوْلَـــةً أَبَدًا مِّنْهُـــــمْ بِخَـــــيْرِ أَبٍ ۞ وَخَيْرِ بَعْلٍ فَلَمْ تَيْتَمْ وَلَمْ تَئِمِ
Makfûlatan abadan minhum bikhairi abin ۞ wa khairi ba‘lin falam taitam wa lam ta'imi
Islam terjamin selamanya dari mereka dengan sebaik-baik aba. Dan sebaik-baik suami tercinta mereka takkan jadi yatim dan janda
هُمُ الْجِبَالُ فَسَلْ عَنْهُمْ مُّصَـــادِمَهُمْ ۞ مَاذَا رَأَى مِنْهُمْ فِيْ كُلِّ مُصْطَدَمِ
Humul-jibâlu fasal ‘anhum mushâdimahum ۞ mâ dzâ ra'â minhum fî kulli mushthadami
Mereka ksatria bak gunung nan kokoh kuat, maka tanyakan lawan tentang hebatnya gempuran. Apa yang mereka lihat dalam setiap medan peperangan?
وَسَلْ حُنَيْنًا وَسَلْ بَدْرًا وَسَلْ أُحُدًا ۞ فُصُوْلُ حَتْفٍ لَّهُمْ أَدْهٰى مِنَ الوَخَمِ
Wa sal ḫunainan wa sal badran was al uḫudan ۞ fushûlu ḫatfin lahum adhâ minal-wakhami
Coba kautanyakan pada Hunain, Badar dan Uhud sebagai ajang peristiwa. Semuanya tempat macam kematian terasa lebih ganas dari wabah kolera
اَلْمُصْدِرِى الْبِيْضَ حُمْرًا بَعْدَ مَا وَرَدَتْ ۞ مِنَ الْعِدَا كُلَّ مُسْوَدٍّ مِّنَ اللِّمَمِ
Al-mushdiril-bîdla ḫumran ba‘da mâ wa radat ۞ minal-‘idâ kulla muswaddin minal-limami
Pedang mereka nan putih berkilauan kembali menjadi merah padam. Setelah banyak memenggal leher lawan hitam sehitam rambut nan kelam
وَالكَاتِبِــــيْنَ بِسُمْرِ الْخَـــــطِّ مَا تَرَكَتْ ۞ أَقْلَامُهُمْ حَرْفَ جِسْمٍ غَيْرَ مُنَعَجِمِ
Wal-kâtibîna bisumril-khaththi mâ tarakat ۞ aqlâmuhum ḫarfa jismin ghaira muna‘ajimi
Dengan kayu khat sebagai tombak senjata mereka tusukkan pada para musuh. Tombak pena takkan tinggalkan sisa daging terkoyak dari tubuh
شَاكِّي السِّلَاحِ لَهُمْ سِيْـمَا تُمَيِّزُهُمْ ۞ وَالْوَرْدُ يَمْتَازُ بِالسِّيْمَا عَنِ السَّلَمِ
Syâkkis-silâḫi lahum sîmâ tumayyizuhum ۞ wal-wardu yamtâzu bis-sîmâ ‘anis-salami
Para tentara nan tajam senjatanya miliki tanda pembeda. Bak mawar nan mempesona dengan pohon salam ada tanda pembeda
تُهْدِيْ إِلَيْكَ رِيَاحُ النَّصْرِ نَشْرَهُمُ ۞ فَتَحْسَبُ الزَّهْرَ فِيْ الْأَكْمَامِ كُلَّ كَمِيْ
Tuhdî ilaika riyâḫun-nashri nasyrahumu ۞ fataḫsabuz-zahrafil-akmâmi kulla kami
Angin kemenangan kirimkan padamu semerbak keharuman tentara. Hingga bunga di kelopak tersangka olehmu tentara nan gagah perkasa
كَأَنّهُمْ فِيْ ظُهُورِ الْخَيْلِ نَبْتُ رُبًــــا ۞ مِنْ شِدَّةِ الْحَزْمِ لَا مِنْ شِدَّةِ الْحُزُمِ
Ka annahum fî dzûhuril-khaili nabtu ruban ۞ min syiddatil-ḫazmi lâ min syiddatil-ḫuzumi
Seakan-akan mereka dipunggung kuda laksana pepohonan di bukit tinggi. Karena kuatnya kemantapan belaka bukan karena kuatnya tali
طَارَتْ قُلُوبُ الْعِدَى مِنْ بَأْسِهِمْ فَـرَقًا ۞ فَمَــا تُفَــــرِّقُ بَيْنَ الْبَهْمِ وَالْبُــهَمِ
Thârat qulûbul-‘idâ min ba'sihim faraqan ۞ famâ tufarriqu bainal-bahmi wal-buhami
Hati para musuh goncang duka karena takut serangan dahsyat para ksatria. Maka tak dapat bedakan antara kumpulan anak domba dan sekelompok pemberani perkasa
وَمَنْ تَكُنْ بِرَسُولِ اللهِ نُصْرَتُهُ ۞ إِنْ تَلْقَهُ الْأُسْدُ فِيْ اٰجَامِهَا تَجِمِ
Wa man takun birusûlillâhi nushratuhu ۞ in talqahul-usdu fî âjâmihâ tajimi
Barangsiapa meraih kemenangan sebab rasulullah nabi pilihan. Bila singa di rimba menjumpainya, maka akan diam tunduk padanya
وَلَنْ تَرَى مِنْ وَّلِيٍّ غَيْرِ مُنْتَصِرٍ ۞ بِهِ وَلَا مِنْ عَدُوٍّ غَيْرِ مُنْقَصِمِ
Wa lan tarâ min waliyyin ghairi muntashirin ۞ bihi wa lâ min ‘aduwwin ghairi munqashimi
Tak kaulihat kekasih beriman kecuali beroleh kemenangan. Dan tak kaulihat musuh nabi utusan kecuali mendapat kekalahan
أَحَــــلَّ أُمّتَهُ فِيْ حِــــرْزِ مِلَّتِـــهِ ۞ كَاللَّيْثِ حَلَّ مَعَ الْأَشْبَالِ فِيْ أَجَمِ
Aḫalla ummatahu fî ḫirzi millatihi ۞ kal-laitsi ḫalla ma‘al-asybâli fî ajami
Nabi tempatkan umatnya dalam benteng agamanya. Bagai singa tempatkan anak-anaknya dalam hutan belantara
كَمْ جَدَّلَتْ كَلِمَاتُ اللهِ مِنْ جَدَلٍ ۞ فِيْهِ وَكَمْ خَصَمَ الْبُرْهَانُ مِنْ خَصِمِ
Kam jaddalat kalimâtullâhi min jadalin ۞ fîhi wa kam khashamal-burhânu min khashimi
Seringkali kitab suci Al-Qur’an jatuhkan musuh dalam perdebatan. Dan telah banyak dalil-dalil pasti kalahkan musuh-musuh sejati
كَفَاكَ بِالْعِلْمِ فِي الْأُمِّيِّ مُعْجِزَةً ۞ فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَالتَأْدِيْبِ فِي الْيُتُمِ
Kafâka bil-‘ilmi fil-ummiyyi mu‘jizatan ۞ fil-jâhiliyyati wat-ta'dîbi fil-yutumi.
Cukuplah bagimu sebagai mukjizat: keluasan ilmu yang dipunyai oleh Nabi ﷺ, padahal beliau seorang ummi (tak bisa baca tulis) yang hidup di era kebodohan (jahiliyah). Selain itu, beliau juga seorang yang beradab dan berakhla mulia padahal beliau seorang yatim (piatu)